• vaniar larissa

Benarkah Tim Krul Gagalkan Penalti Rashford dengan Cara Ilegal?


Berita EPL - Dua penalti yang di muntahkan Tim Krul tetap tidak bisa membantu Norwich City terhindar dari kekalahan saat menjamu Manchester United, Minggu (27/10/2019). Salah satu dari penyelamatan Krul itu mungkin ilegal , mengapa?


Bermain di Carrow Road, Norwich kesulitan menghadapi MU yang mulai bangkit dalam beberapa pertandingan terakhir. Pasukan Ole Gunnar Solskjaer membungkus tiga poin lewat kemenangan 3-1.


Skor itu seharusnya bisa lebih besar seandainya Marcus Rashford dan Anthony Martial bisa menuntaskan dua kesempatan penalti babak pertama. Namun, Krul tampil cukup baik untuk menggagalkan dua usaha itu sekaligus.


Kala itu, MU sudah unggul 1-0 lewat gol Scott McTominay di menit ke 21. Setan Merah kemudian mendapatkan hadiah penalti di menit ke 28, yang di eksekusi oleh Marcus Rashford.


Rashford dikenal sebagai algojo ulung, tapi tembakannya kali ini bisa dibaca Krul dengan tepat. Sepakan rendah ke sisi kiri itu bisa ditepis Krul, Rashford gagal.


BACA JUGA :


Disinilah Krul mungkin melanggar salah satu aturan baru di Premier League. Setelah pertandingan, beredar foto di media sosial bahwa Krul berdiri di posisi yang tidak seharusnya.


Krul berdiri terlalu ke depan, kakinya tidak menyentuh garis gawang. seharusnya wasit bisa melihat pelanggaran tersebut. Penalti Rashford seharusnya di ulang.


Musim ini Premier League sudah dilengkapi VAR, tapi kenapa kesalahan Krul tidak disorot?Ternyata, ada aturan baru yang melibatkan kiper musim ini.


Di kutip dari The Sun, mengecek posisi kiper saat menghadapi tendangan penalti seharusnya menjadi tugas official yang berdiri di lapangan, artinya wasit dan hakim garis. Krul memang melanggar, tapi tidak ada satu pun yang mengamati pelanggaran itu.


Berikut aturan baru tentang posisi kiper dalam tendangan penalti.

  • Salah satu kaki kiper harus menyentuh garis gawang saat tendangan penalti diambil.

  • Namun, VAR tidak akan digunakan untuk mengecek apakah kiper sudah berada di posisi yang benar atau tidak.

  • Itu sudah menjadi tugas official yang ada di lapangan.

  • VAR hanya akan dilibatkan pada penalti apabila algojo menyentuh bola dua kali, apabila algojo mengecoh kiper saat berlari menendang bola, atau apabila gangguan yang benar benar berpengaruh pada hasil penalti.

Alhasil , berkaca pada aturan tersebut dan melihat foto posisi Krul saat penalti Rashford di ambil, pelanggaran jelas terlihat. Krul menepis penalti dengan melanggar aturan.


Untungnya MU tetap menang, jadi masalah ini tidak terlalu disorot. Seandainya MU kalah, penalti yang digagalkan dengan cara ilegal ini jelas bakal lebih ramai diberitakan.

Klasemen pertandingan

Jadwal pertandingan

  • © EPLQUIZ 2019

  • Facebook Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Twitter Social Icon
  • LinkedIn Social Icon